Mobil-mobilan berkecepatan 161 km/h



Bila masih menganggap mobil mainan hanyalah mampu berjalan pelan dan hanya untuk anak kecil, coba pikirkan ulang ketika melihat mobil-mobilan yang satu ini. Sebab mobil-mobilan yang diberi nama Traxxas XO-1 diklaim mampu berlari hingga kecepatan 100 mph atau 161 km/jam.

Mobil-mobilan bertenaga listrik yang berpenggerak semua roda alias all-wheel drive tersebut memiliki panjang hanya 68,6 cm dengan berat hanya 4,67 kg.

Mobil bermodel supercar yang memiliki skala 1:7 ini diklaim mampu melaju cepat hingga 100 mph atau sekitar 161 km/jam serta mampu berakselerasi dari diam sampai 100 km/jam hanya dalam waktu 2,3 detik saja yang membuat pembuatnya mengklaim sebagai 'supercar radio kontrol tercepat di dunia.'

Kemampuan tersebut didapat berkat motor listrik Traxxas Big Block Brushless berkekuatan 1.650 Kv yang tenaganya disalurkan dari baterai lithium-polymer 3 sel 5.000 mAh.

Ketika berlari, mobil ini dikendalikan oleh sistem radio Traxxas TQi yang salah satu fiturnya dapat di-download dari aplikasi traxxas Link dan iPhone atau iPod touch ke perangkat dasar yang dapat gunakan untuk memantau kinerja seperti kemudi dan kepekaan tenaga, persentase kemudi hingga kekuatan rem atau kecepatan, RPM, suhu motor, dan tegangan baterai.

Bahkan, fungsi perekaman yang ada memungkinkan pengguna untuk memeriksa statistik setelah mobil-mobilan ini dijalankan.

Tubuhnya tampak seperti mobil super sungguhan yang dirancang dengan sistem komputer agar mampu menampilkan aerodinamika dan downforce. Jadi, ketika berlari cepat, mobil tidak akan 'terbang' ke udara.

Menurut rencana, Traxxas XO-1 akan tersedia di Amerika dengan harga ritel US$ 1.100 atau sekitar Rp 9,9 jutaan.

Namun, di dunia mobil-mobilan, Traxxas XO-1 bukanlah mobil-mobilan tercepat di dunia, sebab seorang lelaki bernama Nic Case sebelumnya berhasil membuat sebuah mobil remote kontrol yang terkuat dan terkencang di dunia.

Mobil remote control buatan Case diberi nama Schumacher Mi3 dan dibuat selama enam bulan lamanya dengan dana sebesar US$ 4.000 atau sekitar Rp 34 juta yang dia rogoh untuk menciptakan mobil-mobilan bernama Schumacher Mi3 yang mampu berlari dengan kecepatan 161,76 mph atau 260 km per jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar